Friday, October 23, 2009

Cuci Tangan Sangat Diperlukan

Tahukah Anda, bahwa masyarakat dunia memperingati tanggal 15 Oktober sebagai "Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS)"
Tahun ini, HCTPS diperingati untuk kedua kalinya.

HCTPS adalah kampenye global yang dicanangkan oleh PBB. Tepatnya, pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week), 17-23 Agustus, 2008 di Stockholm, Swedia. Gerakan mencuci tangan pakai sabun sedunia diharapkan dapat meningkatkan perilaku hidup sehat, mencegah timbulnya penyakit, sekaligus menurunkan tingkat kematian pada balita dan anak-anak.Badan Kesehatan PBB (WHO) menjelaskan, kedua tangan kita adalah salah satu jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Sebab, tangan adalah anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan mulut dan hidung. Penyakit-penyakit yang umumnya timbul karena tangan yang berkuman, antara lain: diare, kolera, ISPA, cacingan, flu, dan Hepatitis A.

Kita sendiri, patut mencermati hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007, seperti yang disampaikan USAID. Riset menunjukkan bahwa penyebab terbesar meninggalnya balita dan anak-anak Indonesia adalah penyakit diare dan ISPA! Menanggapi data ini, para ahli kesehatan pernah menyatakan, perilaku kecil yang tampak sepele, seperti mencuci tangan dengan sabun, bisa berdampak BESAR mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare, hingga hampir 50 persen.

Pada hari Kamis 15 Oktober, Departemen Kesehatan Indonesia mengajak masyarakat Indonesia memperingati HCTPS 2009 dengan tema 'Cuci Tangan Pakai Sabun, Cegah Penyebaran Flu Baru H1N1'. Untuk sosialisasi, Depkes melakukan beberapa kegiatan. Salah satunya adalah melepas sekitar 500 anak SD untuk kegiatan aksi 'Langit Cerah', dalam rangka sosialisasi cuci tangan pakai sabun.

Informasi untuk Anda, netter yang luar biasa, cuci tangan pakai sabun sangat penting dilakukan, khususnya:
- sebelum menyiapkan makanan
- sebelum makan,
- sebelum menyuapi anak,
- sesudah buang air besar dan kecil,
- setelah menceboki bayi,
- setelah bersin, batuk, membuang ingus,
- setelah pulang dari bepergian, dan
- sehabis bermain/memberi makan/memegang hewan peliharaan.

Cara tepat untuk cuci tangan sebagai berikut:
1. Cuci tangan dengan air yang mengalir dan gunakan sabun. Tak perlu harus sabun khusus antibakteri, namun lebih disarankan sabun yang berbentuk cairan.
2. Gosok tangan setidaknya selama 15-20 detik.
3. Bersihkan bagian pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku.
4. Basuh tangan sampai bersih dengan air yang mengalir.
5. Keringkan dengan handuk bersih.
6. Gunakan tisu/handuk sebagai penghalang ketika mematikan keran air karena bagian itu sudah menjadi kotor saat Anda membuka/memutarnya untuk mencuci tangan.
7. Mencuci tangan dengan cairan atau lotion yang mengandung antiseptik dalam botol juga dapat dilakukan

Ayo, teman-teman... mulai sekarang, rajinlah mencuci tangan, pakai sabun, dengan cara yang benar. Semua demi kesehatan Anda sendiri, dan orang-orang lain, khususnya mereka yang ada di sekitar Anda.

Segera sebarkan dan ajak teman-teman, anak-anak atau siapa saja dalam lingkugan anda untuk melakukan tindakan mencuci tangan menjadi kebiasaan sehari-hari kita. Kita lakukan untuk kesehatan kita bersama!

No comments:

Post a Comment