Wednesday, May 12, 2010

Bertambah Usia Penyakit Kencing Manis Dapat Terjadi

Pada akhirnya pada sebagian orang pada akhirnya akan cenderung menderita diabetes-2 atau sakit gula karena usia. Hal ini disebabkan oleh karena bertambahnya usia, kurangnya aktifitas, bertambahnya berat badan, meningkatnya kolesterol,adanya tekanan darah tinggi, apalagi apabila memiliki keturunan keluarga menderita diabates.

Mengapa dengan bertmabahnya usia maka kecenderungan untuk terkena diabetes melitus tahap 2 dapat terjadi? Dengan bertambahnya usia maka kemampuan kelenjar pancreas akan menurun. Kelenjar pankreas adalah memiliki tugas untuk menghasilkan insulin dalam tubuh. Dengan menurunnya kemampuan kerja kelenjar pankreas akibat dari bertambahnya usia maka akan menurun juga kemampuan sel otot dan hati untuk mengubah gula dalam darah menjadi gula yang dapat disimpan dalam hati, sehingga mengakibatkan berkurang atau tidak peka lagi terhadap insulin atau resisten terhadap insulin. Akibatnya adalah gula akan beredar dan meningkat dalam aliran darah jadi seakan akan penderita berenang dalam larutan gula dan menimbulkan gejala diabetes berupa:

Gejala-Gejala Diabetes
Dikenal dengan 3 P, yaitu:
- Banyak makan (Polypahgia)
- Banyak minum (Polydipsia)
- Banyak kencing (Polyuria)
- Kehilangan berat badan

Akibat dari ketidakmampuan tubuh menghasilkan insulin atau tidak peka terhadap insulin maka secara berangsur-angsur gula darah naik biasanya sekitar usia 45 tahun -50 tahun.

Disebut Diabetes-2 Dapat Didiagnosa Melalui Dua Kali Pengambila Darah saat puasa kurang lebih 8-12 jam, atau malam sebelumnya, bisa dikategorokan menderita Diabets Melitus Tahap 2.
- Gula Darah Puasa >=7.8 mmol/L(>=140 mg/dL)

Komplikasi Diabetas Melitus/kencing manis-2 umumnya adalah,
- Gangguan Jantung
- Gangguan Ginjal
- Stroke
- Gangguan syaraf
- Amputasi, apabila terjadi luka di jari kaki. Pada kaki sering terjadi ganggren atau pembusukan yang berbau busuk sehingga harus diamputasi.

Pencegahan Sangat Penting, dengan,
- Olah raga secara teratur berjalan kaki 30 menit setiap hari.
- Mengatur pola makan, makan makanan rendah gula, garam dan cukup protein
- Jaga kebersihan kaki
- Kontrol gula darah secara teratur. Apalagi apabila sudah ada gejala-gejala pra-kencing manis....

Semoga berguna!

No comments:

Post a Comment